Minggu, 28 November 2010

Behold The Power Of My Twitter Follower!! :Selebritis Amerika Berpuasa Jejaring Sosial.

Alicia Keys


Akhir-akhir ini ada berita, beberapa selebritis Amerika akan puasa menggunakan aku jejaring sosial untuk mengumpulkan sumbangan. Mereka akan berpuasa menggunakan situs Jejaring Sosial sampai mereka mengumpulkan 1 millar dollar sebagai donasi kepada “Keep A Child Alive” sebagai partisipasi pada hari AIDS Internasional. Para pesohor yang ikut meramaikan acara ini adalah : Alicia Keys, Lady Gaga, Justin Timberlake, Usher, Jennifer Hudson, Ryan Seacrest, Kim and Khloe Kardashian, Elijah Wood, Serena Williams, Janelle Monae and Swiss Beatz. Mereka adalah para pesohor dari negeri Amerika di sono.

Membuatku berfikir. Jika aku berpuasa menggunakan Facebook atau Twitter, berapa yang bisa aku kumpulkan. Nah... Mungkin tidak ada, aku bahkan tidak punya Follower di Twitter. Sebagian mungkin mengharapkan aku berhenti.

Para pesohor ini ingin menunjukkan kekuatan dari 'Pengikut' mereka. Misalnya saja Lady Gaga memiliki 7.200.000 Follower di Twitter dan 24.000.000 Fans di Facebook. Jelas update status mereka sangat bisa dipertimbangkan, walau bisa jadi sebagian mereka hanya mengklik fans dan melupakan. Membuat-ku bertanya. Orang-orang ini, apakah jika mereka tidak mendapat sumbangan sebanyak itu (walaupun sepertinya mudah) akan benar-benar berhenti dari jejaring sosial mereka? Itu pertanyaan lain. Sangat menarik untuk ditanyakan.

Kasus mengenai jejaring sosial juga pernah menimpa artis Indonesia. Misalnya saja kasus Luna Maya (Sebelum Videonya menyebar) yang menjelek-jelekkan wartawan infotainment. Masalah langsung menjadi gawat, jika aku yang memberikan komentar di Twitterku atau Facbook yang menjelek-jelekkan wartawan infotainment misalnya “Wartawan Infotainment penghisap darah” (Misalnya saja :D) Tidak ada yang akan marah, malahan tidak akan ada yang peduli.

Mungkin sedikit menyedihkan... :(

Semakin terkenal kita, semakin pula ada tanggung jawab besar di dalamnya. Nampaknya seperti kata nasihat dari film 'Spiderman'.

Tapi apa yang menjadikan seseorang terkenal. Seseorang bisa terkenal karena bakat, apa yang dilakukannya atau sekedar keberuntungan. Ada sebuah istilah yang disebut 'celebutant' “Terkenal karena terkenal” atau seperti yang Shinta dan Jojo rendah hati sebutkan sebagai penyebab suksesnya yaitu “Keberuntungan'. Anehnya mereka adalah nara sumber terpercaya di dalam acara-acara Infotainment, mereka akan diwawancarai mengenai gunung berapi, neo-liberalisme, kemiskinan dan kiamat ah!! bahkan serangan alien. Mungkin mereka merupakan sumber yang mencerminkan common sense masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar